close
Banner iklan disini
Selamat Datang di aura insani..::..Semua amalan di web ini adalah gratis, silahkan diamalkan...::...aura insani bukan bagian cabang pengobatan,terapi,atau pihak manapun..::..aura insani adalah Label Resmi Yayasan aura insani Hidayatullah berikut segala program dan Kegiatannya.::.Ikuti Terapi Buka aura di aura insani dengan Infaq Seikhlasnya, HP/WA :087808999682..:::...

Apakah Malaikat itu?

Ilmu Hikmah - Selain manusia, hewan, tumbuhan, Allah swt. juga menciptakan makhluk lainnya yang tidak sembarang orang dapat melihatnya, yakni malaikat. Lalu, siapakah malaikat itu?

Syekh Thahir Al-Jazairi di dalam kitabnya Al-Jawahirul Kalamiyah Fi Idhahil ‘Aqidah Al-Islamiyyah menjelaskan bahwa malaikat adalah sebagai berikut.



هم اجسام لطيفة مخلوقة من نور لايأكلون ولايشربون وهم عباد مكرمون لايعصون الله ما امرهم ويفعلون ما يؤمرون.

Mereka adalah jisim-jisim lembut yang diciptakan (oleh Allah swt.) dari cahaya, mereka tidak makan dan minum, mereka adalah hamba-hamba yang mulia, mereka tidak akan mengingkari apa yang diperintahkan Allah swt. kepadanya, dan selalu melakukan apa yang diperintakan Allah swt. kepadanya.

Adapun dalil bahwa malaikat tercipta dari cahaya adalah hadis sebagai berikut.

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « خُلِقَتِ الْمَلاَئِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ ». (رواه مسلم)



Dari Aisyah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api tanpa asap, dan Adam diciptakan dari apa yang telah disifatkan (Allah swt. di dalam kitabNya) untuk kalian.” (H.R. Muslim)

Sementara itu, dalil bahwa malaikat adalah hamba-hamba Allah swt. yang mulia adalah firman Allah swt. di dalam Q.S. Al-Anbiya’/21: 26-27 sebagai berikut.

وَقَالُوا اتَّخَذَ الرَّحْمٰنُ وَلَدًا سُبْحٰنَهٗ ۗ بَلْ عِبَادٌ مُّكْرَمُوْنَ

Dan mereka berkata, “Tuhan Yang Maha Pengasih telah menjadikan (malaikat) sebagai anak.” Mahasuci Dia. Sebenarnya mereka (para malaikat itu) adalah hamba-hamba yang dimuliakan.



لَا يَسْبِقُوْنَهٗ بِالْقَوْلِ وَهُمْ بِاَمْرِهٖ يَعْمَلُوْنَ

Mereka tidak berbicara mendahului-Nya dan mereka mengerjakan perintah-perintah-Nya.

Sedangkan dalil bahwa malaikat adalah hamba-hamba Allah swt. yang tidak pernah mengingkari perintahNya, tidak pernah berbuat maksiat kepadaNya, dan selalu melakukan apa yang diperintakan untuknya adalah firman Allah swt. di dalam Q.S. Al-Anbiya’/21: 19-20 sebagai berikut.


وَلَهٗ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِۗ وَمَنْ عِنْدَهٗ لَا يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِهٖ وَلَا يَسْتَحْسِرُوْنَ

Dan milik-Nya siapa yang di langit dan di bumi. Dan (malaikat-malaikat) yang di sisi-Nya, tidak mempunyai rasa angkuh untuk menyembah-Nya dan tidak (pula) merasa letih.



يُسَبِّحُوْنَ الَّيْلَ وَالنَّهَارَ لَا يَفْتُرُوْنَ

Mereka (malaikat-malaikat) bertasbih tidak henti-hentinya malam dan siang.

Selain itu, Allah swt. juga berfirman di dalam Q.S. At-Tahrim/66: 6

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا قُوْٓا اَنْفُسَكُمْ وَاَهْلِيْكُمْ نَارًا وَّقُوْدُهَا النَّاسُ وَالْحِجَارَةُ عَلَيْهَا مَلٰۤىِٕكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَّا يَعْصُوْنَ اللّٰهَ مَآ اَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُوْنَ مَا يُؤْمَرُوْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Demikianlah penjelasan tentang siapakah malaikat itu, yakni hamba-hamba Allah swt. yang diciptakan dari cahaya dan tidak pernah bermaksiat kepadaNya. Wa Allahu A’lam bis Shawab.
Previous
Next Post »
Comments
0 Comments
Loading...